Text
E-PKL : Proses manajemen komunikasi dalam pelayan pembuatan akta kelahiran di DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BOGOR Jl. Achmad Adnanwijaya No. 45 – Kota Bogor 16132
Berdasarkan hasil dari pengamatan penulis saat pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan
di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor berlangsung maka dapat
disimpulkan pada:
1. Manajemen Komunikasi menjadi salah satu bagian penting dalam Pelayanan Pembuatan
Akta Kelahiran di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor sebagai
penyalur antara masyarakat pembuatan akta kelahiran dengan pemerintah karena
membantu memberikan layanan dalam pembuatan akta kelahiran, juga memberikan
informasi tentang persyaratan yang harus dilengkapi dan prosedur yang harus diikuti
oleh para pemangku kepentingan. Tanpa adanya manajemen komunikasi yang tertata
rapi dan dijalankan dengan baik, maka pelayanan yang diberikan akan menjadi tidak
prima. Hal ini dibuktikan dengan adanya SOP yang ada di Dinas Kependudukan dan
Pencatatan Sipil Kota Bogor umumnya dan di layanan pelayanan akta kelahiran
khususnya yang sudah sangat ringkas dan memudahkan bagi para pemangku
kepentingan. Pelayanan yang diberikan oleh pemerintah melalui bagian pelayanan akta
kelahiran menghasilkan beberapa dokumen resmi yang diperlukan oleh masyarakat
seperti penerbitan akta kelahiran dan sebagainya yang transparan dan akuntabel.Selain
itu juga contoh yang lainnya adalah pemberian informasi yang sangat mudah diakses
oleh masyarakat luas baik melalui media sosial juga pada website resmi Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor yang memudahkan dalam proses
komunikasi antara pihak penyedia layanan juga kepada pemangku kepentingan.
2. Hambatan proses komunikasi dalam pelayanan pembuatan akta kelahiran yang ditemui
di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor khususnya di bagian
pelayanan pembuatan akta kelahiran yaitu dari faktor pengirim pesan seperti pengirim
pesan yang tidak menjelaskan apa informasi yang akan disampaikan dengan tepat bisa
menyebabkan proses komunikasi kurang efektif. Faktor penerima pesan seperti
penerima pesan tidak bisa mengenali atau fokus terhadap pesan yang disampaikan,
sehingga terkadang menghambat proses kerja. Dan yang terakhir adalah dari Faktor
Lingkungan yang terkadang terjadi pada kondisi pada jam sibuk dimana banyak
masyarakat yang menunggu antrian dan terkadang menjadi sangat tidak kondusif.
e-PKL.BC40.384.2021 | e-PKL2021 380:384 HAI p | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain