Text
SKRIPSI : STRATEGI KOMUNIKASI DINAS SOSIAL DALAM MENANGGULANGI PENYANDANG MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL (PMKS) DI KOTA BOGOR (STUDI KASUS ANAK JALANAN)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Dinas Sosial Kota Bogor dalam Menanggulangi Penyandang Masalah Kesejahteraan Bogor (PMKS). Bertujuan untuk meminalisir jumlah anak jalanan, gelandangan dan pengemis agar mereka diberi pelatihan, pemberdayaan dan diharapkan dapat membentuk masa depan yang cerah bagi mereka, terlebih lagi diberi pembelajaran bagi Anak Terlantar melalui event kegiatan bimbingan sosial. Masalah Sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya. Permasalahan Sosial di Kota Bogor yang begitu cepat meningkat dan berkembang adalah meningkatnya jumlah masyarakat miskin, anak telantar, gelandangan, pengamen, usia lanjut terlantar, tuna susila, pengemis, anak jalanan, dan penyandang sosial lainya. Pemerintah melalui Dinas Sosial Kota Bogor mengadakan program kerja untuk menggurangi permasalahan kesejahteraan sosial di Kota Bogor yang bertujuan untuk memberikan pembinaan atau pelatihan keterampilan kepada PMKS terutama kepada anak jalanan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Sosial kota Bogor. Fokus penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dikemukakan Arifin Anwar yaitu bagaimana pengenalan khalayak, strategi menyusun pesan, penggunaan metode komunikasi serta seleksi dan penggunaan media yang digunakan Dinas Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggumpulkan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Dinas Sosial melakukan analisis khalayak demografis khalyak sasaran. (2) Dinas Sosial dalam menyusun pesan dengan memperhatikan bahasa dan unsur unsur lain, seperti gambar dan video. (3) Dinas Sosial dalam penyampaian pesan komunikasi dengan metode informative, edukatif dan persuasif. (4) Dinas Sosial melakukan seleksi dan penggunaan media tersebut adalah media resmi, baik media cetak, elektronik ataupun Online.
B40 Ikom 1496 2022 | 1496 RUD s 2022 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain