Text
SKRIPSI: Pola komunikasi pedagang dan pembeli di pasar tradisional di masa pandemi covid-19 (studi kasus pedagang sayur pasar tradisional ciluar)
Pola Komunikasi merupakan pola hubungan antara dua orang atau lebih dalam pengiriman dan penerimaan pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksudkan dapat dipahami. Penelitian ini mengelompokan pedagang pasar tradisional Ciluar hanya kepada pedagang sayur yang ada di dalam pasar tradisional Ciluar untuk mempermudah dalam menyusun pola komunikasi yang ada pada pasar tradisional Ciluar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pedagang sayur di pasar tradisional Ciluar apakah ada perubahan komunikasi sebelum dan setelah adanya Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi lapangan dan dokumentasi, dan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pedagang sayur melakukan pola komunikasi kepada pembeli dengan menggunakan komponen-komponen pola komunikasi, yaitu, (1) pola komunikasi primer, (2) pola komunikasi sekunder, (3) pola komunikasi linear, (4) pola komunikasi sirkular, serta adanya perubahan komunikasi setelah adanya Covid-19. Pedagang sayur melakukan komunikasi dengan komunikasi verbal dan non verbal, pedagang sayur melakukan komunikasi menggunakan media Whatsaap, serta adanya komunikasi timbal balik antara pedagang dan pembeli.
B40 Ikom 1776 2023 | 1776 ADI p 2022 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain