Text
SKRIPSI: Strategi Komunikasi Pengelola Perpustakaan Saidjah Adinda dalam Membangun Minat Baca Masyarakat
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pengelola perpustakaan saidjah adinda dalam membangun minat baca masyarakat dan hambatan strategi komunikasi pengelola perpustakaan saidjah adinda dalam membangun minat baca masyarakat. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau masukan bagi perkembangan ilmu komunikasi dan menambah kajian ilmu komunikasi khususnya pada kehumasan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di Perpustakaan Saidjah Adinda Kota Rangkasbitung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh pengelola perpustakaan Saidjah Adinda adalah strategi dalam pemilihan Media yaitu pengelola perpustakaan memberikan informasi melalui media sosial instagram baik melalui snapgram ataupun postingan feeds. Hambatan yang paling berpengaruh adalah hambatan semantik yang didasari oleh pengelola perpustakaan yang kurang koordinasi ketika ingin menyampaikan suatu informasi kepada masyarakat. Kesimpulannya adalah bahwa strategi komunikasi yang digunakan pengelola perpustakaan Saidjah Adinda dalam membangun minat baca masyarakat, strategi yang paling efektif dilakukan adalah pemilihan media, strategi tersebut harus dibuat lebih kreatif dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada masyarakat agar masyarakat menjadi tertarik untuk membaca dan berkunjung ke perpustakaan Saidjah Adinda. Namun terdapat beberapa hambatan yang dialami pengelola perpustakaan Saidjah Adinda yaitu meliputi hambatan psikologis, hambatan semantik, hambatan mekanis, dan hambatan ekologis. Dari keempat hambatan tersebut, hambatan semantik yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan membangun minat baca masyarakat.
B40 Ikom 2029 2024 | 2029 ERL s 2024 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain