Text
E-PKL: Komunikasi pemasaran digital dalam perencanaan konten akun Tiktok @DIKLAT.BOGOR di Pt.Pln (Persero) UPDL Bogor.
Perencanaan konten TikTok @diklat.bogor di PT PLN (Persero) UPDL Bogor mengacu pada teori perencanaan konten digital dari Pullizi (2014) dan menggunakan model AISAS sebagai kerangka dasar. Penjelasan berikut memberikan gambaran tentang bagaimana teori dan model ini diterapkan dalam proses perencanaan konten. Penulis memulai perencanaan konten dengan menentukan target audiens. Pentingnya penentuan target audiens bertujuan agar konten yang dihasilkan bisa efektif dalam menjangkau kelompok yang relevan. Fokus utama terletak pada tiga kategori audiens yaitu karyawan PLN, masyarakat umum, dan individu yang tertarik dengan layanan PT PLN (Persero) UPDL Bogor. Penentuan ini didasarkan pada analisis demografis, geografis, dan psikografis audiens. Aspek demografis, seperti usia 18 hingga 35 tahun, dipilih karena TikTok populer di kalangan remaja dan dewasa muda. Geografis mengarah pada wilayah Bogor dan sekitarnya, sementara psikografis menargetkan mereka yang tertarik pada teknologi dan energi terbarukan. Data audiens dikumpulkan melalui analisis konten TikTok yang
sudah ada, terutama dari akun-akun PLN resmi. Penulis mempelajari elemen-elemen kunci dari konten yang sukses untuk memahami tren dan preferensi audiens, serta menerapkannya dalam strategi konten TikTok PT PLN (Persero) UPDL Bogor. Penulis kemudian menentukan jenis konten yang sesuai berdasarkan karakteristik audiens. Ada empat jenis konten yang dipilih yaknikonten informatif, edukatif, awareness, dan interaktif. Konten informatif memberikan informasi dasar tentang perusahaan, edukatif menyampaikan pengetahuan terkait, awareness meningkatkan kesadaran tentang program atau kegiatan, dan interaktif melibatkan audiens dalam diskusi.
e-PKL.BA40.546.2024 | e-PKL2024 380:546 NAZ k | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain