Bagaimanapun juga orang tua, pendidik, dan guru merupakan orang-orang yang turut andil menstimulasi semua aspek perkembangan anak. Asah, asih, dan asuh sebagai fondasi untuk kepentingan anak. Bentuk kepedulian itu salah satunya adalah intervensi dalam mendidik anak. Intervensi langsung dari orang tua, guru, dan pendidik, pengasuh, dan orang-orang di sekitar lingkungan di mana anak itu tumbuh da…
Teori yang digunakan adalah teori faktor penghambat komunikasi interpersonal dari Suranto dalam Syarif (2016), untuk uji validitas data menggunakan metode triangulasi dalam pengukuran tingkat keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TK Alamanda sudah melakukan komunikasi interpersonalnya dengan baik kepada siswa ABK. Terdapat sembilan faktor penghambat komunikasi in…
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpesonal dalam KBM antara guru dengan siswa tunagrahita ringan.
Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki kelainan sejak lahir. Anak berkebutuhan khusus terbagi menjadi sebilan jenis, salah satunya adalah tunagrahita. Tunagrahita adalah orang secara nyata memiliki hambatan dan keterbelakangan perkembangan mental-intelektual di bawah rata-rata. Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk membuat pola komunikasi interpersonal guru kepada siswa tunagrahita…