Buku ini diperkaya dengan teori-teori, strategi, dan riset, serta substansi tentang citra dan pencitraan. Teori-teori komunikasi, sosiologi, psikologi, dan manajemen yang berkaitan dengan studi humas disajikan secara proporsional dalam buku ini.
Dalam Karya ini dijelaskan antara lain bahwa ilmu komunikasi sebagai ilmu sosial tidak bebas nilai karena sangat terikat oleh faktor sejarah dan kebudayaan.
RISET KOMUNIKASI Merintis Penemuan Teori dan Model Baru Riset dalam ilmu komunikasi harus sesuai dengan karakteristiknya, yang tentu berbeda dengan riset sosiologi, antropologi, psikologi, dan ilmu fisika. Ilmu komunikasi tumbuh dan berkembang dari integrasi jumalistik dan komunikasi massa di Amerika Serikat serta dari publisistik di Eropa. Ilmu komunikasi memiliki paradigma ganda, yang melahir…
... Buku ini memaparkan bahwa "huma sungguk" tersebut menghendaki lahirnya humator profesional dan mantapnya pendidikan profesi. Keberhasilan humas dalam "paradigma baru", sangat ditentukan oleh riset yang mampu mengembangkan teori dan strategi komunikasi yang tepat, dengan memasukkan unsur kunci yaitu nilai-nilai, etika, dan moral. ...
Politik pencitraan (imaging policy) atau pencitraan politik (political imaging), berkembang di Indonesia sejalan dengan perkembangan demokrasi, yang diawali pada saat menjelang pemilihan langsung presiden tahun 2004. Hal itu telah mendorong lahirnya rintisan studi ilmiah di Indonesia tentang politik pencitraan atau pencitraan politik di perguruan tinggi, baik sebagai bagian dari ilmu politik, m…