Text
E-PKL : Komunikasi organisasi dalam divisi pelayanan di BPJS ketenagakerjaan Bogor kota Jl. Pemuda No. 28 Bogor – 16161
Berdasarkan hasil pengamatan penulis selama melaksanakan kegiatan Praktik
Kerja Lapangan (PKL) berlangsung dapat disimpulkan bahwa :
1. Dengan melihat komunikasi organisasi divisi pelayanan di BPJS
Ketenagakerjaan Bogor Kota antara atasan ke bawahan, komunikasi yang
dilakukan pada divisi ini sudah berjalan dengan baik karena semua kendala
dapat disosialisasikan dan diatasi oleh pegawai, sehingga tidak mengganggu
kinerja dan pekerjaan yang lain, namun untuk komunikasi organisasi dari
bawahan ke atasan berjalan kurang baik. Hal ini terjadi karena atasan tidak
selalu ada di kantor atau sedang berhalangan hadir, sehingga pengelolaan
informasi dan komunikasi yang terjadi antara komunikator dan komunikan
kurang baik dan mengakibatkan suatu pekerjaan terhambat.
2. Pegawai customer service yang tidak masuk kerja tanpa surat cuti
menyebabkan pegawai lain mengerjakan tugasnya, hal ini terjadi karena
kurangnya kedisiplinan sehingga tidak ada sosialisasi antara divisi pelayanan
dengan bagian antrian dan menyebabkan antrian tetap berlanjut serta
pelayanan kepada peserta harus dilakukan.
3. Pegawai BPJS Ketenagakerjaan dapat membawa komputer kantor dalam
melaksanakan kegiatan Work From Home, sedangkan komputer di kantor
mengalami kekurangan karena kegiatan melayani peserta melalui ZOOM
komputer kantor diruangan customer service sebelumnya.
e-PKL.BC40.382.2021 | e-PKL2021 380:382 NAB k | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain