Text
E-PKL : Customer relationship management pada pelanggan tetap di PERTANIAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM CV. MOEN’S FARM Jl. Gang Braos, Kp. Bantar, Ds. Kompa Kec. Parungkuda, No.01, Kabupaten Sukabumi
Selama 31 hari lamanya penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan di
Pertanian Budidaya Jamur Tiram CV. Moens’s Farm kabupaten Sukabimi, penulis
mendapatkan banyak pelajaran serta pengalaman baru yang sangat bermanfaat
baik untuk menunjang penulis di dunia perkuliahan selanjutnya maupun di dunia
pekerjaan nantinya.Dimana berdasarkan pembahasan yang telah penulis lakukan
dalam kegiatan PKL ini untuk mendalami bidang ilmu komunikasi. Untuk itu
penulis merangkumnya dalam sebuah kesimpulan dari sebuah Laporan Praktik :
1. Menjadi seorang admin di salah satu pertanian budidaya jamur yang cukup
besar memliki tanggung jawab yang tinggi dimana penulis dituntut untuk
selalu teliti perihal memasukan data laporan yang nantinya diserahkan kepada
direktur utama sebagaimana nantinya pada akhir bulan biasanya selalu
melakukan evaluasi mengenai laporan-laporan tersebut.
2. Menjaga hubungan yang baik kepada pelanggan dapat mempengaruhi
kepuasan pelanggan terhadap jamur tiram itu sendiri, semakin kita loyal
terhadap para pelanggan terutama pelanggan tetap itu, maka mereka juga
akan loyal terhadap perusahan.
3. Berhubungan langsung dengan para pelanggan juga penulis menemukan
bebarapa hambatan, seperti CV. Moen’s Farm ini tidak melakukan promosi
melalui media elektronik namun hanya mengandalakan promosi melalui para
pengepul dari mulut kemulut dengan masyarakat yang berada dipasaran.
Hambatan lainya juga untuk jamur tiram dari Moen’ Farm ini tidak di
suplayer ke pasar modern secara langsung namun masih mengandalkan pasar
tradisional atau pasar induk yang di buat oleh para pengepul kemudian baru
disuplay ke pasar-pasar modern, restoran dan lainnya oleh para pengepul
tersebut.
e-PKL.BC40.383.2021 | e-PKL2021 380:383 YAM c | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain