Text
E-PKL : Pelaksanaan manajemen komunikasi dinas kependudukan dan pencatatan sipil kota bogor dalam memenuhi kebutuhan informasi masyarakat Jl. Achmad Adnawijaya No.45, RT.01/RW.16, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat 16132
Setelah penulis melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Dinas
Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor selama 2 Bulan terhitung sejak 15
Desember 2020 – 19 Februari 2021 banyak sekali memberikan pengalaman dan
pengetahuan yang berharga bagi walaupun tidak sesuai dengan konsentrasi penulis,
namun disisi lain penulis melakukan pengamatan mengenai Pelaksanaan
Manajemen Komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor
Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat. Berdasarkan dari pengamatan
tersebut dapat disimpulkan bahwa :
1. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor telah
melaksanakan kegiatan Manajemen Komunikasi dalam memenuhi
kebutuhan informasi masyarakat mengenai Administrai Kependudukan
dan Pencatatan Sipil. Hal tersebut dilakukan dengan Perencanaan,
Pelaksanaan, Pengorganisasian dan Pengontrolan Unsur-Unsur
Komunikasi. Perencanaan dilakukan dengan cara menyusun strategi
komunikasi untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Hal
tersebut dilakukan dengan menjalin komunikasi internal dan eksternal.
Sedangkan pelaksanaan dilakukan dengan cara membuat pamflet,
menerbitkan informasi melalui website, dan mengadakan penyuluhan
untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat. Pada tahap
pengorganisasian Disdukcapil Kota Bogor menunjuk Divisi Ruang
Informasi sebagai penanggung jawab untuk tugas Memenuhi Kebutuhan
Informasi Masyarakat, pada tahapan akhir, yaitu Pengontrolan UnsurUnsur Komunikasi, semua aspek unsur-unsur komunikasi ditinjau
kembali.
2. Terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan Manajeman
Komunikasi yang dilakukan oleh Disdukcapil Kota Bogor dalam
memenuhi kebutuhan informasi masyarakat, Yang pertama, informasi
yang disampaikan dalam bentuk media cetak seperti poster terkadang
rusak, sehingga informasi yang diberikan kurang jelas untuk dibaca oleh
38
masyarakat. Kedua, Informasi yang disampaikan melalui website sering
terlambat untuk diperbaharui sehingga masyarakat kesulitan untuk
mendapatkan informasi ter-update. Dan terakhir, Penyampaian
informasi secara langsung terkadang mengalami hambatan karena
faktor internal, seperti bisingnya ruangan di disdukcapil.
6.2 Saran
1. Lebih sering untuk mengganti/memperbaharui poster yang rusak, agar
e-PKL.BC40.390.2021 | e-PKL2021 380:390 ZUL p | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain