Text
E-PKL : FUNGSI MANAJEMEN KOMUNIKASI DALAM PELAYANAN PEMBUATAN SURAT KETERANGAN PINDAH DATANG WNI DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BOGOR Jalan Pandu Raya No. 45A, Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor
Dalam kegiatan pelayanan pembuatan surat keterangan pindah datang WNI di
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bogor menerapkan fungsi-fungsi
manajeme komunikasi diantaranya :
• Perencanaan dilakukan dengan menyusun aturan serta persyaratan dalam
pembuatan surat keterangan pindah datang WNI serta prosedur yang harus
dilakukan oleh petugas loket pelayanan. Dan aturan yang harus dilaksanakan
oleh petugas loket harus bersikap sigap dan profesional serta pelayanan
sesuia dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).
• Pengorganisasian dilakukan oleh kepala seksi surat pindah datang WNI
dengan memberikan tugas-tugas kepada petugas loket pelayanan serta
mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL).
• Pelaksanaan/Penggerakan dilakukan setelah perencanaan dan
pengorganisasian ditetapakan. Pelaksanaan dalam pembuatan surat
keterangan pindah datang WNI dilakukan oleh petugas loket pelayanan dan
mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL) dengan melayani masyarakat atau
38
pelapor yang hendak membuat surat keterangan pindah maupun surat
keterangan pindah ke kota Bogor.
• Pengendalian dilakukan oleh kepala seksi surat pindah datang WNI dengan
cara mengawasi secara langsung serta memperhatikan bagaimana cara kerja
petugas loket pelayanan dan mahasiswa praktik kerja lapangan untuk
melakukan evaluasi yang bertujuan menjaga kualitas pelayanan dan
penerapan fungsi manajemen komunikasi
e-PKL.BC40.434.2021 | e-PKL2021 380:434 VER f | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain