Text
E-PKL: Customer Relationship Management pada Front Office Departement the Mirah Bogor Hotel dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Jl Pangrango No. 9A Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor 16151, Jawa Barat
The Mirah Bogor Hotel terutama pada bagian front office departement telah menggunakan berbagai strategi customer relationship management yang baik dalam meningkatkan pelayanan dan loyalitas pelanggan. diantaranya CRM Strategis seperti pembagian divisi kerja FDA, GRO, dan bellboy pada front office departement, menerapkan budaya organisasi yang baik, serta sistem kerja sama dan koordinasi antar departement guna meningkatkan kepuasan pelanggan. CRM Operasional seperti menyimpan data pelanggan melalui power pro hotel system, melakukan sales automation, dan service automation guna menciptakan sistem otomatisasi pada front office departement. CRM Analitis seperti memberdayakan data pelanggan yang ada bagian power pro hotel system guna menarik dan memahami karakteristik calon pelanggan maupun pelanggan. CRM Kolaboratif seperti bekerja sama dengan mitra luar, diantaranya dengan online travel agent, bank, rumah sakit, perusahaan cetak, jasa pengiriman barang, dan jasa transportasi. Namun dari semua CRM terdapat beberapa hambatan. Walaupun demikian, bentuk strategi CRM yang telah diterapkan pada bagian front office departement The Mirah Bogor Hotel sudah baik dan efektif dalam meningkatkan loyalitas tamu atau pelanggan.
e-PKL.BA40.441.2021 | e-PKL2021 380:441 MUH c | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain