Text
SKRIPSI : ANALISIS MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN WARUNG CAN NGOPI CILENDEK BARAT
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen hubungan pelanggan yang dilakukan warung can ngopi dan mengetahui secara jelas bagaimana tingkat kepuasan pelanggan dengan manajemen hubungan pelanggan warung can ngopi. Penelitian ini menipiskan penelitian deskriptif kualitatif Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam observasi, dan dokumentass. Untuk teknik pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis model interaktif yang menggunakan tiga komponen utama, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh data dengan tingkat validitas yang tinggi digunakan metode triangulasi data dengan sumber.
Dari hasil penelitian menunjukkan melaksanaan manajemen hubungan pelanggan yang dilakukan Warung can ngopi dilakukan dengan beberapa langkah yaitu 1) Sarana dan Prasarana, Penampilan fisik, sarana dan prasarana Warung Can Ngopi dengan memafasilitasi tepat yang rapilt, bersih, tata ruang yang sangat rapih, 2) Kualitas produk, warung can ngopi telah berusaha memberikan kualitas produk dengan sangat baik sesuai dengan standar yang telah ditentukan untuk membuat pelanggan puas, 3) Harga. Dalam menjalankan strategi harga yaitu dengan program promo khusus dengan harga spesial untuk pelanggan, 4) Service Quality, perusahaan dalam menerapkan service quality dilihat dari aspek sumber daya manusia yaitu dengan merekrut dan melatih karyawan sehingga mampu berkomunikasi dengan pelanggan dengan baik. Dalam pengukuran Kepuasan Pelanggan Warung Can Ngopi dengan 1) Sistem Keluhan dan Saran dengan menyediakan media keluhan atau saran yang disediakan Warung Can Ngopi yaitu bisa melalui kotak kritik dan saran, kontak personal, media telekomunikasi SMS (Short Message Service), 2) Survei Kepuasan Pelanggan. Survei kepuasan pelanggan yang Warung Can Ngopi lakukan yaitu dengan umpan balik
B40 Ikom 1490 2022 | 1490 AJI a 2021 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain