Text
SKRIPSI : Pola Komunikasi Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi Kasus SMP Islam Terpadu Nahwa Nur)
Bahasa Indonesia merupakan bahasa ibu yang pertama kali diajarkan kepada anak. Bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain terkadang dianggap kurang menyenangkan dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi antara guru dengan siswa dalam pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan faktor yang menghambat serta mendukung dalam proses komunikasi pembelajaran jarak jauh di SMP Islam Terpadu Nahwa Nur. Metode yang digunakan dalam penelitian di SMPIT Nahwa Nur yaitu studi kasus yang berusaha menjelaskan secara lebih rinci dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan tahapan penelitian yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan teknik analisis data, di mana data yang dihasilkan akan diurutkan secara sistematis hasil dari wawancara. Sehingga dapat diketahui pola komunikasi antara guru dengan siswa dalam pembelajaran jarak jauh mata pelajaran Bahasa Indonesia dan faktor yang mendukung serta menghambat pada proses komunikasi pembelajaran jarak jauh di SMP Islam Terpadu Nahwa Nur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang sering digunakan adalah pola komunikasi satu arah dan pola komunikasi dua arah. Faktor pendukung dalam proses komunikasi jarak jauh adalah fasilitas yang memadai, buku-buku pelajaran, suasana dan motivasi yang dibutuhkan siswa untuk pembelajaran jarak jauh. Sedangkan faktor yang menghambat dalam proses komunikasi adalah hambatan dari proses komunikasi, hambatan fisik, sinyal yang buruk, dan mati listrik yang sering terjadi saat pembelajaran berlangsung.
B40 Ikom 1505 2022 | 1505 ADH p 2021 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain