Text
SKRIPSI : Strategi Kreatif Produser Fremantle dalam Mempertahankan Eksistensi Program Acara "TAKE ME OUT INDONESIA"
Strategi kreatif produser dalam produksi program acara merupakan sebuah trik untuk mengembangkan kreativitas atau ide-ide yang diperlukan untuk penyutradaan single camera ataupun multi-camera, Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi produser dalam mempertahankan eksistensi program acara Take Me Out Indonesia. Penelitian ini menggunakan konsep 13 elemen strategi kreatif menurut Naratama meliputi target penonton, bahasa naskah, format acara, punch line, gimmick, clip hanger, tune and bumper, penataan artistik, music and fashion, ritme dan birama acara, logo and music track, general rehearsal dan interactive program, Penelitian ini dilaksanakan di kantor Fremantle di Jl. Barito 2 No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terhitung dari bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2020. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif, teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara penelitian ini menggunakan produser program acara Take Me Out Indonesia sebagai key informan dan koordinator konten pro gram acara Take Me Out sebagai informan. Triangulasi pada penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber. Take Me Out Indonesia adalah program acara reality show yang berbentuk dating show memiliki 4 segmen, dengan menampil kan 30 wanita cantik yang siap untuk memilih dan dipilih sebagai pasangan. Take Me Out Indonesia mempunyai strategi khusus untuk dapat mempertahankan ek sistensi programnya, yaitu dengan menerapkan konsep strategi kreatif produksi acara televisi. Take Me Out Indonesia adalah program reality show yang mempu nyai ciri khas sendiri yaitu membuat konsep dan konten berbeda dengan reality show lainnya. Elemen yang memperkuat strategi dalam mempertahankan eksistensi program acara Take Me Out Indonesia adalah gimmick. Gimmick pada program Take Me Out Indonesia sangat berperan penting dalam mengendalikan suasana di setiap episode dan segmen, gimmick mampu membuat program acara menjadi sukses dan disukai banyak penonton. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program acara Take Me Out Indonesia menerapkan strategi kreatif produksi acara televisi yang terdiri 13 elemen strategi kreatif dan membuat pro gram acara tersebut bertahan selama 10 tahun.
B40 Ikom 1503 2022 | 1503 EMA s 2020 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain