Text
SKRIPSI: Efektivitas Kampanye Berhenti Merokok Akun Instagram @suara_tanpa_rokok terhadap Sikap Followers
Penelitian ini dilakukan berdasarkan dari banyaknya data yang memaparkan bahwa perokok di indonesia yang jumlahnya terus meningkat. Penelitian ini bertujuan unutuk mengetahui bagaimana efektivitas kampanye berhenti merokok dari akun instagram @suara_tanpa_rokok terhadap sikap followers. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu kampanye berhenti merokok dan satu variabel terikat yaitu sikap followers. Indikator yang di gunakan pada variabel sikap followers. Indikator yang di gunakan pada variabel kampanye berhenti merokok yaitu pelaku,pesan,media dan khayalak sasaran kampanye. Indikator yang di gunakan pada variabel sikap followers yaitu kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini menggunakan teknik non probality sampling melalui purpossive sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria-kriteria yang telah di tentukan untuk menghasilkan sampel yang dapat di anggap mewakili populasi. Jumlah sampel berjumlah 100 orang yang di ambil dari jumlah keseluruhan populasi followers instagram @suara_tanpa_rokok yang berjumlah 41.000 followers. Desain penelitian ini menggunakan kuantitaif desktiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online melalui google form,studi kepustakaan, serta observasi. Teknik analisis data yang di gunakan yaitu regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa kampanye berhenti merokok telah dilakukan dengan baik oleh komunitas suara tanpa rokok dengan tersampaikannya segala jenis informasi karena ketepatan dalam menggunakan media kampanye untuk mempengaruhi sikap followers, sikap followers juga menunujukan bahwa mereka terpengaruhi oleh pesan pesan persuasi dari kampanye berhenti merokok, maka didapati bahwa adanya efektivitas dari kampanye berhenti merokok terhadap sikap followers, berdasarkan hasil uji determinasi di peroleh hasil bahwa terdapat efektivitas dari kampanye berhenti merokok yang di lakukan pada instagram @suara_tanpa_rokok terhadap sikap followers sebesar 39,6%, sedangkan 60,4% lainnya di jelaskan oleh faktor lainnya.
B40 Ikom 1612 2023 | 1612 ADI e 2022 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain