Text
SKRIPSI : Analisis Pola Komunikasi Guru bimbingan Konseling Dengan murid Kegiatan Konseling Di SMA Negeri 2 Cibinong
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi yang terbangun antara guru bimbingan konseling dengan siswa melalui kegiatan bimbingan konseling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi lapangan dan dokumentasi, serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Keberhasilan pendidikan seseorang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, faktor internal yaitu individu peserta didik, faktor lingkungan dan faktor bahan atau materi yang dilatih (eksternal). Seorang siswa pasti mempunyai berbagai masalah, baik masalah yang dialami di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut. Peserta didik akan sulit memecahkan setiap permasalahan yang datang disinilah pentingnya adanya layanan bimbingan dan konseling untuk membantu siswa dalam mengembangkan potensi yang dimilikinya sehingga siswa tidak mengalami kesulitan dalam mengatasi permasalahan yang mengganggu konsentrasi belajarnya dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Maka diperlukan komunikasi yang efektif antara guru bk dengan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan konseling di SMA Negeri 2 Cibinong menggunakan komunikasi yang baik dalam kegiatan bimbingan konseling. Kesimpulannya kedekatan yang sangat erat antara guru BK dan siswa menjadikan kegiatan ini kuat dan mampu eksis sampai saat ini. Kegiatan komunikasi yang terjalin dalam kegiatan bimbingan konseling SMA Negeri 2 Cibinong ini yaitu, (1) Keterbukaan, (2) Empati, (3) Sikap Mendukung. (4) Sikap Positif,dan (5) Kesetaraan
B40 Ikom 1787 2023 | 1787 MUH a 2023 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain