Text
SKRIPSI : Analisis Strategi Komunikasi Humas PT.Bank Rakyat Indonesia Unit Leuwiliang Dalam Menyosialisasikan Aplikasi Brimo
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi humas PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. Unit Leuwiliang dalam Menyosialisasikan Aplikasi Brimo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang melakukan pendekatan bersifat deskriptif yang dimana di dalamnya menggunakan konsep Hafied Cangara yang secara garis besar dilakukan melalui tahapan perencanaan komunikasi untuk melaksanakan program dalam mencapai tujuan, yaitu penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pelaporan. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Rakyat Indonesia Unit Leuwiliang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi, foto, dan informasi percakapan yang merupakan sumber data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang diterapkan pada kegiatan sosialisasi aplikasi Brimo oleh BRI unit Leuwiliang telah memenuhi keseluruhan tahapan strategi komunikasi yakni penelitian, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Namun target sosialisasi aplikasi dari BRI unit Leuwiliang belum tercapai secara sempurna sesuai target disetiap bulannya yang ditentukan oleh pusat yaitu 135 pendaftar, BRI unit Leuwiliang mengalami penurunan pada bulan ke I sampai bulan ke 3 tetapi pada bulan ke 4 dan selanjutnya mengalami kenaikan dan pada bulan ke 6 mencapai target yang telah ditentukan. Berdasarkan karakteristik nasabah BRI unit Leuwiliang yang didapat dari data yang telah dijabarkan seperti tidak semua nasabah memiliki HP yang memadai, nasabah yang menyukai metode transaksi bentuk uang tunai jadi mereka lebih menyukai transaksi secara langsung, Nasabah tertarik memahami platform digital tapi tidak berani eksekusi. Strategi Komunikasi merupakan hal yang penting dan utama dalam menyosialisasikan aplikasi Brimo, apabila dilakukan dengan baik dan sempurna maka hasilnya pun akan maksimal dan sebaliknya. Hasil penelitian menunjukan bahwa BRI unit Leuwiliang melaksanakan strategi komunikasi dengan baik dan efektif dalam proses menyosialisasikan aplikasi Brimo tersebut, namun masih belum memenuhi target yang dicapai.
B40 Ikom 1802 2023 | 1802 MUH a 2023 | My Library (Skripsi Ilmu komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain