Text
SKRIPSI:Pengaruh pemberitaan musik pada akun instagram hal online terhadap pemenuhan kebutuhan informasi (studi kasus pengikut akun instagram hal online)
RACHMALIANA WIDYA ISLAMIATI. 044119191. 2023 "Pengaruh Pemberitaan Musik Pada Akun Instagram Hai Online Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Kasus Pengikut Akun Instagram Hai Online)." Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan Sardi Duryatmo (1) dan Mariana Siregar (II).
Penelitian ini mengangkat bagaimana penyebaran informasi di zaman yang semakin berkembang. Hai Online merupakan salah satu media penyebaran informasi yang telah bertransformasi dari konvensional menjadi digital, hal ini disebabkan masyarakat yang semakin mengikuti perkembangan teknologi. Pada penelitian ini, terdapat 3 rumusan masalah yang mencakup bagaimana pengaruh Hai Online dalam menyebarkan informasi musik kepada pengikutnya di Instagram, antara lain: (1) Bagaimana karakteristik individu pembaca media Hai Online, (2) Bagaimana karakteristik individu terhadap kebutuhan informasi media Hai Online terhadap pemberitaan musik, (3) Bagaimana pengaruh terpaan pemberitaan musik Hai Online terhadap kebutuhan informasi pengikut media Instagram Hai Online. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan teori Uses and Gratification. Terdapat 3 variabel yang digunakan, yaitu Karakteristik Individu (X1), Terpaan Media Berita Musik (X2), dan Kebutuhan Informasi Berita Musik (Y1). Hasil dari data yang telah dikumpulkan dan diolah, karakteristik individu pembaca media Hai Online didominasi oleh remaja laki-laki dengan pendidikan terakhir SLTA dan pekerjaan sebagai mahasiswa. Serta terdapat adanya pengaruh pada variabel terpaan media berita musik Hai Online (X2) dengan kebutuhan informasi musik pengikutnya (Y) dengan nilai koefisien beta yang didapatkan sebesar 0.800 dan nilai ujit serta uji f nilai signifikansi lebih kecil dari
nilai alpha.
B40 Ikom 1903 2024 | 1903 RAC p 2023 | My Library (SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain