Text
SKRIPSI: Pengaruh Sindrom Fear of Missing Out (FOMO) terhadap Adiksi Media Sosial pada Remaja di Kota Bogor
Triani Fujasari, 044119207, 2023. Pengaruh Sindrom Fear of Missing Out(FoMO) Terhadap Adiksi Media Sosial Pada Remaja di Kota Bogor. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya. Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan Dwi Rini S. Firdaus dan Diana Amaliasari.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui apakah terdapat Sindrom Fear of Missing Out (FoMO) Terhadap Adiksi Media Sosial Pada Remaja di Kota Bogor. Kemudian, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penelitian ini digunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan alat ukur Fear of Missing Out Scale (FOMOS) dari (Przybylski et al., 2013)untuk mengukur rasa Fear of Missing Our dengan menggunakan beberapa indikator yaitu kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan. Alat ukur Adiksi Media Sosial menggunakan alat ukur dari (J. Al-Menayes, 2015)untuk mengukur tingkat Adiksi Media Sosial dengan menggunakan indikator Konsekuansi Sosial. Pengalihan Waktu, dan Perasaan Kompulsif. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja berusia 12-21 tahun di Kota Bogor yang aktif menggunakan media sosial instagram. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus Taro Yamane sebagai dasar penarikan sampel. Hasil pengujian statistik menunjukkan F hitung sebesar 104.564 dengan nilai Sig. 0,000 yang lebih rendah dari tingkat signifikasi 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Fear of Missing Out terhadap kecanduan media sosial instagram pada remaja di Kota Bogor. Hasil dari penelitian ini juga menunjukan bahwa hipotesis Pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) Terhadap Adiksi Media Sosial pada Remaja di Kota Bogor bahwa H, diterima dan Ho ditolak. Ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara Fear of Missing Out(FoMO) dengan Adiksi Media Sosial pada Remaja di Kota Bogor. Penelitian ini juga melakukan pengujian koefisien determinasi yang menunjukan hasil bahwa variabel Fear of Missing Out(FOMO) memiliki pengaruh terhadap variabel Adiksi Media Sosial dengan nilai 0,516 atau 51,6 persen yang dijelaskan oleh Kecemasan, Kekhawatiran, dan Ketakutan. Sedangkan variabel lain yang tidak ada dalam variabel penelitian ini memberikan kontribusi 48,6 persen dari total keseluruhan.
B40 Ikom 1896 2024 | 1896 TRI p 2023 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain