Text
SKRIPSI: Pengaruh Brand ambassador artis korea terhadap brand image produk skincare(Survei pada remaja pengguna E-commere di kota bogor)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pasar produk perawatan kulit atau skincare di Indonesia yang semakin berkembang pesat karena hadirnya berbagai brand lokal yang semakin banyak jumlahnya di Indonesia. Tingginya permintaan skincare dalam masyarakat saat ini membuat banyak brand skincare yang bermunculan dengan beragam formula untuk berlomba-lomba menarik minat konsumen agar menggunakan produk yang mereka tawarkan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan artis Korea sebagai brand ambassador. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi brand ambassador Artis Korea pada produk Skincare, untuk mengidentifikasi brand image pada produk Skincare, dan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador Artis Korea terhadap brand image produk Skincare. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu brand ambassador Artis Korea sebagai variabel independen dan brand image produk Skincare sebagai variabel dependen. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel brand ambassador Artis Korea adalah transparansi, kesesuaian, kredibilitas, daya tarik, dan kekuatan. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel brand image adalah keunggulan asosiasi merek, kekuatan asosiasi merek, dan keunikan asosiasi merek. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei eksplanatif. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan metode incidental sampling dengan kriteria remaja pengguna e-commerce yang berusia 10-24 tahun, berdomisili di Kota Bogor, dan mengetahui Artis Korea sebagai brand ambassador produk Skincare. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner kepada 177 responden dan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa brand ambassador Artis Korea memiliki penilaian yang baik, dengan nilai rata-rata jawaban terbesar pada indikator kekuatan sebesar 4,27. Brand image produk Skincare juga memiliki penilaian yang baik dengan nilai rata-rata jawaban terbesar pada indikator keunggulan asosiasi merek sebesar 4,41. Kesimpulannya terdapat pengaruh antara brand ambassador Artis Korea (X) terhadap brand image produk Skincare (Y). Selain itu, berdasarkan koefisien determinasi (R) didapatkan nilai R-square sebesar 0,694. Artinya brand ambassador Artis Korea memiliki proposisi pengaruh terhadap brand image produk Skincare sebesar 69,4%.
B40 Ikom 1902 2024 | 1902 SAL p 2023 | My Library (SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain