Text
Netiquette Penguatan Softskill Netizen Untuk Generasi Berkarakter
Buku ini dituangkan dalam enam bab. Bab 1 memuat pengantar yang terbagi menjadi enam subbab, yaitu etika, etiket, persamaan dan perbedaan etika dan etiket, perilaku sosial yang menyimpang, sistem jaringan teknologi informasi, dan netiket sebagai regulasi moral berinternet sehat. Bab 2 membahas komunikasi digital dengan tujuh subbab, yaitu teori yang mendasari komunikasi digital, definisi komunikasi digital, tujuan komunikasi digital, fungsi komunikasi digital, media komunikasi digital, manfaat komunikasi digital, dan permasalahan komunikasi digital. Bab 3 membahas implementasi netiket dengan lima subbab, yaitu pentingnya netiket, aturan netiket, waktu penggunaan netiket, efektivitas netiket, dan pengguna netiket. Pada Bab 4 dibahas tentang dampak positif implementasi netiket dengan dua sub bab, yaitu dampak positif terhadap diri sendiri dan dampak positif terhadap lingkungan. Bab 5 membahas upaya membangun netiket dengan lima subbab yang mencakup bagaimana membangun netiket oleh diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, dan negara. Sedangkan bab 6 merupakan penutup dengan tiga subbab, yaitu generasi Z sebagai netizen rentan, refleksi problem remaja di dunia maya, dan penguatan soft skill netizen berkarakter dalam implementasi netiket. Pembahasan tentang soft skill perlu disampaikan sebab menyangkut keterampilan seseorang (dalam hal ini netizen sebagai pengguna internet) dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills) dan dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills). Kecerdasan emosional netizen menjadi kunci sukses implementasi netiket.
B400007947 | 370.114 LIL n | My Library (Ilmu-ilmu Sosial) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain