Text
SKRIPSI:Strategi kampanye earth hour dalam menghemat energi bagi masyarakat kota balikpapan kalimantan timur
NADYA NUR LITA. 044118445. 2021.Kampanye Earth Hour Dalam Menghemat Energi Bagi Masyarakat Kota Balikpapan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Pakuan Bogor. Di bawah bimbingan: Sardi Duryatmo dan Imani Satriani
Isu lingkungan hidup, kini bukan hanya menjadi isu lokal maupun nasional lagi, melainkan sudah menjadi tugas bagi seluruh negara di dunia untuk memperbaiki dan melestarikan lingkungan hidup. Penggunaan energi listrik yang berlebihan merupakan hal yang melatarbelakangi terbentuknya program kampanye Earth Hour. Salah satunya Earth Hour Balikpapan yang menerapkan strategi kampanye dalam menghemat energi bagi masyarakat Kota Balikpapan. Kampanye Earth Hour ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai penghematan penggunaan energi listrik. Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan Earth Hour Balikpapan dalam kampanye hemat energi dan juga mengetahui faktor penghambat dari kampanye Earth Hour Balikpapan. Teori yang digunakan adalah teori straegi komunikasi Anwar Arifin (2008:72) terdiri dari menentukan khalayak, menentukan tujuan, menentukan pesan, dan menentukan media. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pendekatan penelitian ilmu komunikasi, menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data melalui tiga cara menurut Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data dan yang terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi kampanye yang digunakan Earth Hour Balikpapan dalam menghemat energi bagi masyarakat kota Balikpapan yaitu: (1) Mengenal khalayak, yakni yakni melakukan kampanye secara tatap muka. (2) Menentukan tujuan, yakni melakukan strategi untuk menimbulkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menghemat energi dan berupaya merubah perilaku mereka. (3) Menentukan pesan, yakni dengan membujuk atau mempengaruhi masyarakat melalui pesan untuk mengubah pola pikir masyarakat. (4) Menentukan media, yakni melakukan penyebaran pesan atau informasi melalui proses publikasi, melalui kerjasama dengan berbagai media, baik media cetak, media elektronik dan media sosial. Faktor yang menjadi penghambat dalam melaksanakan strategi kampanye Earth Hour Balikpapan yaitu: (1) Sumber Daya Alam (SDM), untuk membuat sebuah event atau kegiatan dibutuhkan SDM dalam pelaksanaannya, SDM merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan. (2) Dan sulitnya meyakinkan masyarakat, masyarakat Kota Balikpapan belum bisa menjadikan hemat energi sebagai life style.
B40 Ikom 1748 2023 | 1748 NAD s 2022 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain