Perpustakaan FISIB

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI : Analisis strategi customer relationship management (CRM) dalam menjalin hubungan dengan pelanggan pada perusahaan daerah air minum (PDAM) tirta kahuripan kabupaten bogor
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI : Analisis strategi customer relationship management (CRM) dalam menjalin hubungan dengan pelanggan pada perusahaan daerah air minum (PDAM) tirta kahuripan kabupaten bogor

Blesscha Auria Shantini/044116208 - Nama Orang;

Customer Relationship Management (CRM) adalah usaha sebuah perusahaan untuk menjaga konsumen dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi konsumen baik lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staff sales dan marketing. Serta strategi CRM dalam bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Customer Relationship Management (CRM) PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam menjalin hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi humas PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam proses terlaksananya strategi CRM. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer, data sekunder. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan kondensi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan, PDAM Tirta Kahuripan menerapkan 3 tataran strategi Customer Relationship Management (CRM). CRM strategis yang terfokus pada pelayanan pelanggan. PDAM Tirta Kahuripan melakukan pembagian tugas atau job description yang terbagi sesuai peran dan tugasnya serta budaya organisasi service excellent yaitu senyum, salam, sapa. Pada CRM Operasional dengan melakukan pemasaran dan promosi melalui media sosial dan adanya otomatisasi layanan yaitu melayani pelanggan secara langsung maupun melalui media sosial atau contact center untuk menangani keluhan pelanggan. Serta pada CRM Analitis dengan membuat database khusus pelanggan yang bertujuan untuk menyimpan data laporan keluhan pelanggan.


Ketersediaan
#
My Library (SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI) 1553 BLE a 2021
B40 Ikom 1553 2022
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1553 BLE a 2021
Penerbit
Bogor : Fisib Unpak., 2021
Deskripsi Fisik
112 p.; 28cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1553 BLE a 2021
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
skripsi humas
pelanggan
hubungan pelanggan
strategis
Analitis
Customer Relationship Management (CRM
Operasiona
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Imani Satriani, M.Si./Fer Ferdinan Alamsyah, M.I.Kom./Dini Valdiani, M.Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FISIB
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?