Text
SKRIPSI : Analisis strategi customer relationship management (CRM) dalam menjalin hubungan dengan pelanggan pada perusahaan daerah air minum (PDAM) tirta kahuripan kabupaten bogor
Customer Relationship Management (CRM) adalah usaha sebuah perusahaan untuk menjaga konsumen dengan mengumpulkan segala bentuk interaksi konsumen baik lewat telepon, email, masukan di situs atau hasil pembicaraan dengan staff sales dan marketing. Serta strategi CRM dalam bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Customer Relationship Management (CRM) PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam menjalin hubungan jangka panjang yang baik dengan pelanggan dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi humas PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor dalam proses terlaksananya strategi CRM. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Jenis dan sumber data menggunakan data primer, data sekunder. Teknik dan metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan kondensi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menjelaskan, PDAM Tirta Kahuripan menerapkan 3 tataran strategi Customer Relationship Management (CRM). CRM strategis yang terfokus pada pelayanan pelanggan. PDAM Tirta Kahuripan melakukan pembagian tugas atau job description yang terbagi sesuai peran dan tugasnya serta budaya organisasi service excellent yaitu senyum, salam, sapa. Pada CRM Operasional dengan melakukan pemasaran dan promosi melalui media sosial dan adanya otomatisasi layanan yaitu melayani pelanggan secara langsung maupun melalui media sosial atau contact center untuk menangani keluhan pelanggan. Serta pada CRM Analitis dengan membuat database khusus pelanggan yang bertujuan untuk menyimpan data laporan keluhan pelanggan.
B40 Ikom 1553 2022 | 1553 BLE a 2021 | My Library (SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain