Text
SKRIPSI: Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Sosial Commerce Tiktok Shop terhadap Loyalitas Pelanggan (pada Followers Akun Instagram @tiktokshop_Indonesia)
Risna Mulyani 044119172. 2023. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Customer Service Social Commmerce TikTok Shop Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Followers Akun Instagram @tiktokshop_indonesia. Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Sosial dan Imu Budaya, Universitas Pakuan Bogor. Dibawah bimbingan olch Dini Valdiani dan Prameswari Handayani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi interpersonal customer service social commerce Tik Tok Shop, bagaimana loyalitas pelanggan mengenai social commerce TikTok Shop dan bagaimana pengaruh komunikasi interpsersonal customer service social commerce TikTok Shop terhadap loyalitas pelanggan pada followers akun instagram @tiktokshop_indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada pelanggan yang merupakan followers instagram @tiktokshop_indonesia yang pernah menggunakan layanan customer service Tik Tok Shop dengan menggunakan skala likert sebagai skala pengukurannnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran angket kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas dari 100 responden merupakan perempuan dengan usia 17-22 tahun. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel independent (Komunikasi Interpersonal) yang meliputi keterbukaan, empati, sikap mendukung, sikap positif, dan kesetaraan, kelima indikator tersebut memiliki rata-rata dengan keterangan sangat baik dan variabel dependent (loyalitas Pelanggan) yang meliputi indikator pembelian ulang, kebiasaan mengkonsumsi merek, rasa suka yang besar pada merek, ketetapan pada merek, keyakinan bahwa merek tertentu adalah merek terbaik dan perekomendasian merek pada orang lain, keenamnya memiliki rata-rata dengan keterangan sangat baik. Hal ini menyatakan bahwa followers akun instagram @tiktokshop_indonesia sudah menerima dengan setuju untuk pernyataan yang diajukan terdapat pengaruh antara komunikasi interpersonal customer service social commerce Tik Tok Shop terhadap loyalitas pelanggan pada followers akun instagram @tiktokshop_indonesia sebesar 52,1%. Sementara 47,9% dipengaruhi ole faktor lainnya. Kesimpulannya komunikasi interpersonal customer service social commerce Tik Tok Shop sangat berpengaruh bagi followers akun instagram @tiktokshop_indonesia.
B40 Ikom 1761 2023 | 1761 RIS p 2023 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain