Text
SKRIPSI: Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan E-Commerce Shopee terhadap Loyalitas Pelanggan (Kasus Mahasiswi di Kota Cianjur)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi Mahasiswi di Kota Cianjur terhadap kualitas produk di e-commerce Shopee, untuk mengetahui potensi Mahasiswi di Kota Cianjur terhadap kualitas pelayanan di e-commerce Shopee, untuk mengetahui tingkat loyalitas pelanggan Mahasisiwi di Kota Cianjur terhadap e-commerce Shopee, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk di e-commerce Shopee terhadap loyalitas pelanggan, dan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan di e-commerce Shopee terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dimana data yang diperoleh dari penelitian ini berbentuk angka dan dianalisis secara statistik. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif dan analisis skor rataan. Penelitian ini menggunakan Grand Theory yang dikaitkan dengan hubungan antara kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Responden dalam penelitian ini merupakan Mahasiswi pengguna e-commerce Shopee di Kota Cianjur. Responden yang diambil sebanyak 105 orang dengan menggunakan teknik non propability sampling khususnya accidental sampling. Pengolahan data menggunakan SPSS versi 27, uji validitas menggunakan person's product moment, sementara itu uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach, Pengolahan data (X1) (X2) dan (Y) dilakukan dengan uji asumsi klasik dengan data yang bersifat skala ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rataan pada variabel kualitas produk sebesar 4,20 yang meliputi enam indikator, yaitu: kinerja (performance), keistimewaan tambahan (features), kehandalan (reliability), kesesuaian spesifikasi (conformance), daya tahan (durability) dan estetika (aesthetics). Variabel kualitas pelayanan memiliki nilai rataan sebesar 4,04 yang meliputi lima indikator, yaitu: reabilitas (reliability), responsivitas (responsiviness),jaminan (assurance), empati (empathy) dan bukti fisik (tangibles). Berdasarkan hasil tersebut termasuk dalam kategori tinggi pada nilai rataan yang telah dibuat. Artinya penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar Mahasiswi di Kota Cianjur merasa bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan di e-commerce shopee sudah sangat baik.
B40 Ikom 1892 2024 | 1892 FAU p 2023 | My Library (Skripsi Ilmu komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain