Text
SKRIPSI: Strategi Humas Pemasaran PT Pegadaian (Persero) dalam Menjaga Loyalitas Konsumen
Strategi sangat diperlukan oleh setiap perusahaan dalam mamasrkan produknya agar menarik perhatian pelanggan, tentunya hal ini diperlukannya strategi dari Marketing Public Relations (Humas Pemasaran), karena dapat menunjang pemasaran dan sasaran penjualan sebuah produk dan mempertahankan pelanggan perusahaan. Begitu pula dengan PT. Pegadaian Unit Indraprasta memiliki berbagai strategi untuk menjaga loyalitas konsumennya, sehingga dengan adanya strategi dapat membuat pelanggan menggunakan dan bertahan terhadap produk yang dimiliki oleh PT. Pegadaian. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi hmas pemasaran PT. Pegadaian unit indraprasta dalam mempertahankan loyalitas konsumennya dengan metode kualitatif. Metode untuk pengumpulan data melalui wawancar, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan reduksi, penyajian data, dan verivikasi atau penarikan kesimpulan. Tekni keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Adapun pendukung dari strategi humas pemasaran PT. Pegadaian unit indraprasta dalam menjaga loyalitas konsumennya yaitu dengan konsep PENCILS yaitu; (1) Publikasi, dengan melakukan publikasi mengguanakan media WhatsApps dan berisikan tentang produk yang mereka miliki. (2) Event, dengan mengadakan acara lelang barang dan mengadakan seminar-seminar. (3) News, dengan memberitakan produk terbaru mereka dan memberitakan program-program terbaru mereka. (4) Community Involvement, dengan memberikan bantuan kepada komunitas komunitas. (5) Inform or Image, dengan memberikan informasi kepada nasabahnya. (6) Lobbying and Negotiating, dengan melakukan pendekatan dengan cara memberikan hadia dan harga special kepada nasabah dan melakukan negosiasi dengan menawarkan produk lain dengan harga murah. (7) Social Responsbility, dengan memberikan beberapa unit ambulans. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi humas pemasaran PT. Pegadaian unit indraprasta dalam menjaga loyalitas pelanggannya dengan cara membuat pendekatan kepada pelanggannya sehingga pelangganya merasa nyaman dan tetap mempercayai PT. Pegadaian dan tidak berpaling ke perusahaan lain
B40 Ikom 1778 2023 | 1778 RIZ s 2023 | My Library (Skripsi Ilmu komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain