Text
SKRIPSI: Mediamorfosis dan Kebijakan Redaksional Surat Kabar Harian Radar Bogor
Penelitian ini bertujuan mengetahui proses mediamorfosis yang dilakukan Harian Radar Bogor dari media konvensional ke media digital dan untuk mengetahui kebijakan redaksional dalam proses mediamorfosis Harian Radar Bogor. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, dan observasi lapangan, serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulası sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Surat Kabar Harian Radar Bogor telah melakukan. Mediamorfosis dan Kebijakan Redaksional pada Era Digital. Munculnya media baru, yaitu Media Daring pada Harian Radar Bogor mampu mempertahankan eksistensinya. Mediamorfosis yang terjadi pada Harian Radar Bogor ini yaitu, (1) Keovolusi, (2) Konvergensi, (3) Kompleksitas. Mediamorfosis dengan konvergensi media mengakibatkan media massa berinovasi, khususnya pada surat kabar cetak Harian Radar Bogor mengeluarkan surat kabar yang merupakan transformasi berupa surat kabar digital (e-paper) yaitu www.radarbogor.id, dengan adanya penambahan surat kabar digital itulah yang membuat Harian Radar Bogor tetap bisa mempertahankan eksistensinya. Kebijakan Redaksional pada Harian Radar Bogor ini yaitu, (1) Level Individu Media, (2) Level Rutinitas Media, (3) Level Organisasi Media, (4) Level Ekstra Media, (5) Level Ideologi Media. Dari ke lima poin tersebut, mempermudah Harian Radar Bogor untuk memilih setiap berita yang layak dan tidak layak untuk diterbitkan sesuai dengan kebijakan redaksional media pada era digital. Dalam mengukur kebijakan redaksional Harian Radar Bogor, maka peneliti menggunakan teori Hierarki, karena teori ini menjelaskan level-level apa saja yang dapat memengaruhi isi pemberitaan media
B40 Ikom 1850 2023 | 1850 MIA m 2023 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain