Text
SKRIPSI:Pengaruh electronic word of mouth (ewom) terhadap loyalitas pengguna pada pengguna shopee paylater (studi kasus pada pengguna shopee paylater di kota bandung)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth terhadap loyalitas pengguna Shopee PayLater pada pengguna Shopee PayLater di Kota Bandung. Adapun variabel bebas (X) adalah electronic word of mouth dan variabel terikat (Y) adalah loyalitas pengguna. Indikator yang digunakan untuk variabel electronic word of mouth adalah EWOM Quality, EWOM Quantity, source credibility atau kredibilitas sumber, dan pengalaman sebelumnya atau prior knowledge, sedangkan indikator untuk variabel sikap pemilih adalah Makes Regular Repeat Purchases, Purchase Across Product and Service Lines, Refers Others, dan Demonstrates an Immunity to the Pull of The Competition. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Bandung pada Juni 2022 Juli 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei eksplanatif. Teknik sampel menggunakan nonprobability sampling dan incidental sampling dengan kriteria pernah atau sedang menggunakan Shopee PayLater dan pernah melihat electronic word of mouth pada media online dan media sosial. Teknik pengambilan data adalah dengan penyebaran kuesioner kepada 100 responden dan pengamatan. Hasil penelitian ini didapat F hitung > F tabel yaitu 0,002 > 3,49 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh antara electronic word of mouth terhadap loyalitas pengguna Shopee PayLater pada pengguna Shopee PayLater di Kota Bandung. EWOM membuat pengguna Shopee PayLater loyal terhadap produk tersebut. Pengguna Shopee PayLater di Kota Bandung tetap loyal pada Shopee PayLater karena banyak electronic word of mouth, baik positif maupun negatif yang ternyata bermanfaat untuk mereka, di media sosial dan media daring
B40 Ikom 1737 2022 | 1737 AFI p 2022 | My Library | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain