Text
SKRIPSI:Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada dapur kopi pasundan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan Dapur Kopi Pasundan, untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan, dan untuk mengetahui adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Dapur Kopi Pasundan. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel kualitas pelayanan (X) dan variabel kepuasan pelanggan (Y) indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel kualitas pelayanan adalah tangible, assurance, responsiveness, reliability, dan empaty. Indikator yang digunakan untuk mengukur kepuasan pelanggan adalah puas terhadap produk, pengalaman yang baik saat berbelanja, dan persepsi pembeli terhadap dapur kopi pasundan. Penelitian ini dilaksanakan di Dapur Kopi Pasundan pada bulan Mei 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif survei dengan menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan program statistic program SPSS. Hasil Penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Dapur Kopi Pasundan menunjukan nilai t sebesar 13.673 dengan tingkat nilai Sig 0,000 lebih kecil dari nilai tingkat signifikasi 0,05 (a-5%). Hal ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pelanggan karena dalam sebuah UMKM yang bergerak dibidang kuliner sangat memperdulikan suatu kualitas pelayanan. Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan di Dapur Kopi Pasundan.
B40 Ikom 1793 2022 | 1793 REP p 2022 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain