Text
SKRIPSI:Analisis perbandingan efektivitas pesan moonton dan konten kreator mobile legends di youtube dan tahapan keputusan pembelian item virtual pada generasi z di kota bogor
Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan dan keefektifan efektivitas pesan dari Moonton dan Konten Kreator Angga Mzrbest, dan mengetahui tahapan keputusan pembelian item virtual Mobile Legends pada generasi Z di Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di tiga kecamatan Kota Bogor yang memiliki banyak generasi Z. Penelitian ini menggunakan teori stimulus respon untuk mengetahui proses aksi dan reaksi pada individu. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner online dengan skala likert serta purposive sampling, yang bertujuan untuk mengkategorisasi responden agar yang mengisi kuisioner adalah orang yang menonton video pada channel YouTube Moonton dan Konten Kreator Angga Marbest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pesan dari kedua sumber pesan dan tahapan keputusan pembelian item virtual Mobile Legends pada generasi Z, mayoritas indikatornya memiliki kategori skor rataan sangat tinggi. Nilai rata rata dari dua variabel yang dimiliki Moonton dan Angga Mzrbest memiliki selisih, dan diungguli oleh Moonton. Jika dihubungkan dengan teori stimulus respon, pesan dari Moonton lebih memberikan stimulus atau rangsangan yang direspon atau direaksi responden pada tahapan keputusan pembelian. Pada seluruh variabel tidak terdapat perbedaan signifikan, karena pada uji beda independent sample t-test semua nilai signifikasinya lebih besar dari 0,05. Berdasarkan uji tersebut maka H, dan Ha diterima sedangkan H₂ dan Ha ditolak. Artinya tidak terdapat perbedaan signifikan antara efektivitas pesan Moonton dan Konten Kreator. Dan tidak ada perbedaan signifikan pada tahapan keputusan pembelian item virtual Mobile Legends generasi Z antara Moonton dan konten kreator.
B40 Ikom 1933 2024 | 1933 DIO a 2023 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain