Text
SKRIPSI: Analisis Komunikasi Interpersonal Guru untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK Permata 2 Kota Bogor di Masa Pandemi Covid-19
Sistem pendidikan di Indonesia mengalami tantangan baru akihat wabah virus Covid-19 yang menyebabkan seluruh sistem pembelajaran di lembaga pendidikan bergeser ke metode pembelajaran online. Adanya gangguan dalam proses belajar menyebabkan beberapa perubahan pada diri siswa yang pada gilirannya mempengaruhi motivasi belajarnya. Dalam menyikapi pembelajaran online, kepala sekolah SMK Permata 2 langsung berkomunikasi dengan staf pengajar agar adil dalam melaksanakan belajar mengajar. Kepala sekolah selalu mengkomunikasikan media yang digunakan dalam pembelajaran online yaitu menggunakan google meet dan google classroom. Selain itu, guru di SMK Permata 2 Kota Bogor berkomunikasi dengan orang tua siswa melalui Whatsapp (WA). Subjek dalara penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru/wali kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara triangulasi dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, tujuan komunikasi interpersonal yang dilakukan guru adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Permata 2 Kota Bogor pada masa pandemi Covid-19. Hasil penelitian menemukan adanya persamaan fakta komunikasi interpersonal guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa baik secara online maupun offline yaitu dengan memberikan tugas dan penyampaian materi dan juga terdapat persamaan fakta mengenai motivasi belajar siswa pada masa pandemi yang bervariasi, Meski begitu, SMK Permata 2 Kota Bogor menggunakan komunikasi interpersonal yang baik dalam kegiatan belajar mengajar di masa panderni. Berdasarkan hal tersebut maka komunikasi interpersonal yang terjalin antara guru dan siswa meliputi 1) Keterbukaan, 2) Empati, 3) Sikap Positif, 4) Sikap Mendukung dan 5) Kesetaraan
B40 Ikom 1938 2024 | 1938 SIT a 2022 | My Library (SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain