Text
SKRIPSI: Pengaruh Komunikasi Interpersonal antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Minta Belajar SDIT Utsmanil Hakim Pasca Pandemi Covid-19
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana hubungan komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam meningkatkan minat belajar pasca pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu komunikasi interpersonal dan satu variabel terikat yaitu minat belajar. Indikator yang digunakan untuk mengukur variabel komunikasi interpersonal adalah keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, kesetaraan. Indikator yang digunakan untuk mengukur variabel minat belajar yaitu perasaan senang, keterlibatan siswa, ketertarikan, perhatian siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Utsmanil Hakim Kota Bogor pada bulan Januari Mei 2023. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, artinya menggunakan semua populasi untuk dijadikan sampel dan dipilih sebagai responden penelitian dengan jumlah total 70 siswa kelas 5 dan 6. Teknik pengambilan yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif san analisis statistik non-parametrik. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh dalam meningkatkan minat belajar sebesar 67,9% dan signifikan antara komunikasi interpersonal antara guru dan siswa dalam meningkatkan minat belajar pasca pandemi covid-19.
B40 Ikom 1939 2024 | 1939 AME p 2023 | My Library (SKRIPSI ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain