Perpustakaan FISIB

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI: Analisis Strategi Komunikasi Guru dengan Orangtua siswa dalam Membangun Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa BC Abdi Pratama
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI: Analisis Strategi Komunikasi Guru dengan Orangtua siswa dalam Membangun Kemandirian Siswa Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa BC Abdi Pratama

Nadya Khairunnisa Azar/044118392 - Nama Orang;

Kemandirian bagi anak tunagrahita merupakan hal yang penting untuk dibangun agar kedepannya anak mampu melakukan aktivitas sederhana secara mandiri tanpa bergantung pada orang lain secara terus menerus. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut diperlukan program bina diri yang diajarkan oleh guru dan orangtua siswa kepada anak tunagrahita menggunakan strategi komunikasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi guru dengan orangtua siswa tunagrahita dalam membangun kemandirian siswa di SLB BC Abdi Pratama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, serta pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh SLB BC Abdi Pratama adalah strategi komunikasi interpersonal dengan tiga tujuan utama didalamnya (R. Wayne Pace, Brent D. Peterson dan M. Dallas), yaitu: (1) to secure understanding: dibutuhkan mutual understanding antara guru dan orangtua siswa mengenai pentingnya membangun kemandirian bagi anak tunagrahita agar kelak anak dapat melakukan kegiatan sehari-hari tanpa bantuan orang lain, cara menyampaikan pesan tersebut dengan teknik komunikasi verbal dan nonverbal, redundancy, dan edukatif, (2) to extablish acceptance: dipengaruhi oleh sistem pendidikan di sekolah dan pola asuh orangtua agar kemandirian anak tunagrahita dapat terus berjalan dengan teknik strategi komunikasi persuasif, informatif, redundancy, dan edukatif, (3) to motivate action: untuk mendorong semangat siswa tunagrahita dalam membangun kemandirian, guru dan orangtua siswa menggunakan teknik strategi komunikasi persuasif.


Ketersediaan
#
My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) 1942 NAD a 2023
B40 Ikom 1942 2024
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
1942 NAD a 2023
Penerbit
Bogor : Fisib Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
146 p.: 28 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
1942 NAD a 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
strategi komunikasi R. Wayne, Barent D., Dallas
tunagrahita
SLB BC Abdi Pratama
pembelajaran bina diri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Imani Satriani, M.Si./Mariana R.A. Siregar, M.I.Kom./Ismail Taufik Rusfien M.Si
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FISIB
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?