Text
SKRIPSI: Strategi Pengelolaan Instagram @Radarbogor sebagai Media Informasi tentang Kota Bogor
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang semakin maju memudahkan masyarakat dalam berkomunikasi. Salah satu bukti kemajuan teknologi yaitu munculnya media informasi yang populer seperti media sosial instagram. Kehadiran instagram, sangat membantu penyampaian informasi dari komunikator kepada komunikan. Media sosial instagram adalah media sharing yang memfasilitasi penggunanya untuk berbagi pesan atau informasi berupa foto dan video yang disertai teks atau caption. Proses penyampaian informasi melalui media sosial perlu adanya perencanaan dan strategi agar mencapai tujuan dan keberhasilan komunikasi. Akun @radarbogor merupakan salah satu akun yang memanfaatkan instagram sebagai media penyampaian informasi khususnya di Kota dan Kabupaten Bogor. Dari uraian di atas peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terhadap strategi pengelolaan instagram sebagai media informasi tentang Kota dan Kabupaten Bogor. Dalam skripsi ini, peneliti menyajikan pembahasan meliputi (1) untuk mengetahui strategi pengelola media sosial instagram @radarbogor dalam proses perencanaan pesan (2) untuk mengetahui strategi pengelola media sosial instagram @radarbogor dalam proses penyebaran pesan (3) untuk mengetahui tujuan pesan pengelola media sosial instagram @radarbogor. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, serta pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan, yaitu: (1) Strategi akun @radarbogor dalam mendapatkan informasi yaitu dengan melakukan strategi komunikasi yang terarah mulai dari pemilihan konten, penetapan komunikator, dan penentuan target sasaran. (2) Dalam pengolahan informasi, pembuatan caption serta penyusunan pesan sangat berpengaruh terhadap proses penyampaian informasi. Akun @radarbogor dalam membuat caption selalu menekankan sisi informatif dan edukatif dengan pemilihan foto yang sesuai dengan informasi yang akan di publikasi. (3) Penyebarluasan informasi yang dilakukan akun @radatur-fitur Instagram yang lain seperti instastory dan reels guna untuk menemukan feedback atau umpan balik dari followers. Dalam penyebarluasan pesan akun @radarbogor ditemukan feedback positif dan negatif yang dapat dilihat melalui komentar dan fitur insight.
B40 Ikom 1968 2024 | 1968 DIN s 2023 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain