Text
SKRIPSI: Gaya Bahasa dan Teknik Persuasi Takarir Unggahan 14 Aktivis Body Positivity di Instagram dalam Artikel Cosmopolitan Tahun 2020
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gaya bahasa dan teknik persuasi yang digunakan pada takarir Instagram aktivis body positivity yang terdapat dalam artikel Cosmopolitan berjudul "15 Body Positivity Activists You Need to Follow on Instagram, Like, Right Now" diterbitkan tahun 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif deskriptif. Data diambil dari takarir unggahan 14 aktivis body positivity di Instagram dirangkum pada artikel Cosmopolitan yang dikumpulkan menggunakan metode simak bebas cakap dan metode catat. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode padan referensial dan data disajikan menggunakan metode informal. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 8 jenis gaya bahasa, yaitu: (1) metaphor sebanyak 4 frekuensi; (2) hyperbole sebanyak 3 frekuensi; (3) simile sebanyak 3 frekuensi; (4) irony (structural irony) sebanyak 1 frekuensi; (5) metonymy sebanyak 1 frekuensi; (6) synecdoche sebanyak 1 frekuensi; (7) litotes sebanyak 1 frekuensi dan (8) sarcasm sebanyak 1 frekuensi dengan total 15 frekuensi dari keseluruhan 14 takarir. Terdapat juga 4 jenis teknik persuasi yang teridentifikasi, yaitu: (1) motivational appeal sebanyak 7 frekuensi; (2) emotional appeal sebanyak 5 frekuensi; (3) reward appeal sebanyak 1 frekuensi; dan (4) fear appeal sebanyak 1 frekuensi dengan total 14 frekuensi dari keseluruhan 14 takarir. Serta terdapat 4 jenis aspek body positivity dalam pesan- pesan disampaikan, yang yaitu: (1) broadly conceptualizing of beauty sebanyak 5 frekuensi; (2) body acceptance and love sebanyak 5 frekuensi; (3) body appreciation sebanyak 3 frekuensi; dan (4) adaptive appearance investment sebanyak 1 frekuensi dengan total.
B41 S.ING 1290 2024 | 1290 VIV g 2023 | My Library (Skripsi Sastra Inggris) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain