Text
SKRIPSI: Analisis Kegiatan Hubungan Masyarakat Rumah Sakit Marinir Cilandak dalam Mempertahankan Kualitas Pelayanan
Kegiatan humas bagi sebuah rumah sakit sangatlah penting dalam menghadapi, mengatasi, membendung, memulihkan, dan mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap kegiatan yang dilakukan oleh instansi. Rumah Sakit Marinir Cilandak merupakan rumah sakit Militer Korps Marinir TNI-AL kelas II yang telah terakreditasi oleh Departemen Kesehatan RI, yang terletak di wilayah Jakarta Selatan. Dengan motto: "Keselamatan Pasien Adalah Prioritas Kami", rumah sakit berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, bagi Anggota TNI dan keluarganya serta untuk masyarakat umum yang membutuhkan. Kegiatan humas Rumah Sakit Marinir Cilandak dalam mempertahankan kualitas pelayanan menggunakan teori proses kegiatan humas dari (Cutlip, Center dan broom, 2013). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan sumber data yang berasal dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan humas Rumah Sakit Marinir Cilandak dalam mempertahankan kualitas pelayanan melalui empat proses pertama, fact finding (riset penemuan fakta) dalam melakukan riset penemuan fakta humas memberikan lembar survei kepuasan pasien kepada pasien rawat inap dan rawat jalan setiap bulannya, selain itu humas dapat mengetahui riset penemuan fakta lainnya ketika pasien datang langsung ke ruangan. Kedua, planning and programming (perencanaan dan program) dalam membuat perencanaan dan melaksanakan program (Program Hallo Pasien) dan (Program PKS) perjanjian kerjasama dengan (klinik, puskesmas, rumah sakit, dan asuransi) humas selalu melakukan koordinasi dengan pihak internal dan eksternal. Ketiga, action and communicating (tindakan dan komunikasi) humas dalam melaksanakan aksi atau tindak lanjut mengenai keluhan pasien melibatkan seluruh unit atau komite pelayanan kesehatan yang berhubungan dengan keluhan pasien. Keempat, evaluation (evaluasi) humas melakukan evaluasi mengenai komplain pasien per triwulan/ tiga bulan, evaluasi komplain pasien dibuat agar RS Marinir Cilandak dapat mengetahui apa saja harapan-harapan pasien terkait pelayanan kesehatan, Kemudian, laporan evaluasi PKS/MoU dengan pihak eksternal dibuat per tahun. Laporan evaluasi tersebut diserahkan oleh kepala bidang humas kepada pimpinan Rumah Sakit Marinir Cilandak, tujuan humas membuat laporan evaluasi adalah untuk mengetahui kepuasan dan rencana kelanjutan kerja sama dengan pihak eksternal yang melakukan kerja sama dengan RS Marinir Cilandak.
B40 Ikom 1999 2024 | 1999 AGN a 2024 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain