Text
SKRIPSI: Pengaruh Promosi Gratis Ongkir terhadap Keputusan Pembelian Generasi-Z pada E-Commerce
Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi promo gratis ongkir terhadap generasi-z pada e-commerce, untuk mengidentifikasi keputusan pembelian terhadap generasi-z pada e-commerce, dan untuk menganalisis pengaruh promosi gratis ongkir terhadap keputusan pembelian generasi-z pada e-commerce. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu promosi gratis ongkir sebagai variabel independen dan keputusan pembelian sebagai variabel dependen. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel promosi gratis ongkir adalah besarnya insentif, syarat-syarat untuk berpartisipasi, jangka waktu pelaksanam, pemilihan sarana distribusi promosi, penentuan waktu promosi. Indikator yang digunakan untuk menggambarkan variabel keputusan pembelian adalah pilihan produk, pilihan merek, pilihan saluran pembelian, waktu pembelian, jumlah pembelian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober 2022-Juli 2023, Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survey. Teknik sampel menggunakan nonprobability sampling dengan metode snow ball sampling dengan kriteria pengguna e-commerce, berdomisili di Kota Bogor, kelahiran tahun 1999- 2013. Teknik pengambilan data adalah dengan studi kepustakaan, menyebarkan kuesioner kepada 170 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, skor rataan, dan Analisis Varian (ANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik generasi z pengguna e-commerce di Kota Bogor didominasi oleh usia 21-22 tahun, jenis kelamin perempuan, dan pekerjaan sebagai mahasiswa. Gratis ongkir memiliki penilaian yang baik, dengan rataan jawaban terbesar pada indikator besarnya insentif. Keputusan pembelian juga memiliki penilaian yang baik dengan rataan jawaban terbesar pada indikator jumlah pembelian. Temuan lain dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara promosi gratis ongkir terhadap keputusan pembelian generasi z sebesar 62,9 persen.
B40 Ikom 2005 2024 | 2005 PRA p 2023 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain