Text
SKRIPSI: Stategi Humas Karang Taruna dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor)
Sektor pariwisata saat ini menjadi salah satu sektor yang diupayakan oleh berbagai kalangan guna menaikkan taraf hidup masyarakat sekitar dan memperkenalkan kemdahan alam di sekitarnya. Maka dari itu, pengembangan sektor pariwisata dari tingkat nasional hingga desa jadi topik yang menarik untuk dibahas dari berbagai macam perspektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa berhasil Strategi Humas yang dijalankan oleh pengurus Karang Taruna Desa Ciasmara untuk memperkenalkan desa tersebut sebagai desa wisata. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Teknik pengambilan data yang digunakan terdiri atas 3 cara berbeda, yakni wawancara, observasi, dan dokumen-dokumen penunjang. Hasil penelitian ini menunjukkan balıwa strategi humas yang dilakukan Karang Taruna di Desa Ciasmara sudah berhasil dalam hal publikasi dan acara-acara. Hanya saja, dampaknya belum sebesar dari publikasi lain dari pihak ketiga yang memiliki angka engagement jauh lebih besar dari media sosial yang dikelola Karang Taruna Desa Ciasmara. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini pun adalah strategi Humas untuk meningkatkan kunjungan wisatawan cukup efektif dalam meningkatkan kunjungan wisatawan, namun ada jenis strategi yang tidak efektif. Tidak efektif di sini bukan tidak meningkatkan kunjungan wisatawan, tetapi kurangnya pemanfaatan dalam menggunakan strategi tersebut oleh Karang Taruna Desa Ciasmara.
B40 Ikom 2010 2024 | 2010 PEP s 2023 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain