Text
SKRIPSI: Dinamika Stasiun Elpas 94,1 FM dalam Eksistensi (Analisis pada Relasi antara Radio Elpas 94,1 FM dengan Pendengar) Jl. KH. TB. Muhammad Falak Ruko A7 Loji Kota Bogor
Stasiun radio ELPAS 94.1 FM hadir di tengah-tengah masyarakat Bogor dan sekitarnya sejak 1971 dengan frekuensi saat ini 94.1 FM dengan jangkauan yang cukup luas, Menghadirkan program siaran yang secara umum berupa Informasi, hiburan, talkshow, edukasi dan inspirasi. Mendirikan stasiun radio sangatlah mudah, namun mempertahankannya hingga saat ini tidaklah mudah, keadaan financial yang tidak stabil membuat ELPAS 94.1 FM mengalami penurunan yang pendapatan yang signifikan. Maka dari itu untuk tetap dapat mengudara serta bertahan didalam industry penyiaran. ELPAS 94.1 FM melakukan dinamika agar tetap dapat bertahan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika dan relasi radio ELPAS 94.1 FM dengan pendengar untuk mempertahankan eksistensinya dengan menggunakan Teori Ekologi Media oleh Dimmick dan Rohtenbuhler yang mengungkapkan bahwa untuk mempertahankan eksistensinya sebuah media harus memiliki tiga sumber penunjang kehidupan yang utama, yakni content, audience, dan capital. Metode pada penelitian ini mengunakan metode kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan pengumpulan dokumen yang berhubungan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa ELPAS 94.1 FM menjalankan dinamika stasiun radio untuk mempertahankan eksistensi dengan teori ekologi media yaitu konten yang berupa pembuatan suatu program yang direncanakan terlebih dahulu bahkan melakukan observasi berupa turun lapangan secara langsung, dalam pembuatan program dilakukan dengan in-house production, lalu menempatkan jadwal program di prime time, setelah program berlangung radio melakukan evaluasi kepada program tersebut, audien radio ELPAS FM membuat suatu komunitas pendengar radio ELPAS FM yang bernama KAPAS yang diharapkan komunitas dapat memperkenalkan radio ELPAS FM kepada masyarakat luas terutama di Kota Bogor. ELPAS FM memerlukan capital, maka dari itu ELPAS FM melakukan strategi pemasaran dalam memasarkan programnya dengan cara mendatangi agency dan menjelaskan program program yang ada di radio ELPAS FM demi untuk menarik minat, dan mengadakan event event seputar radio. Relasi antar radio ELPAS 94.1 FM dengan pendengar berjalan dengan baik. Hal ini terbukti dengan terbentuknya komunitas pendengar yang diberi nama Kapas community, anggota komunitas ikut berperan aktif baik se air maupun off air dalam berbagai program yang diadakan oleh radio ELPAS FM, sehingga eksistensi radio ELPAS 94.1 FM masih terjaga hingga saat ini.
B40 Ikom 2036 2024 | 2036 MOC d 2023 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain