Text
SKRIPSI:Analisis strategi komunikasi persuasif program pasar rakyat online dinas perdagangan dan perindustrian Kota Depok
Dunia sedang dihadapkan dengan pandemi Covid-19. Di Indonesia kasus Covid- 19 terus meningkat, kebijakan-kebijakan dibuat guna meminimalisir persebaran Covid-19. Masyarakat diharapkan untuk mengikuti instruksi dan kebijakan yang dibuat oleh Pemerintah. Salah satu kebijakan yang dibuat adalah Program Pasar Rakyat Online oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif Program Pasar Rakyat Online oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Depok. Program Pasar Rakyat Online ini diadakan guna meminimalisir persebaran Covid-19, dam membantu masyarakat Kota Depok dan sekitarnya dalam memenuhi kebutuhar bahan pokok tanpa harus pergi keluar rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Prose pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan proses wawancara dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikas persuasif Melvin L. DeFleur dan Sandra J. Ball-Roceach yaitu Strateg Psikodinamika, Strategi Sosiokultural, dan The Meaning Construction. Hasil da penelitian ini adalah dari tiga strategi, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Ke Depok hanya menggunakan dua strategi yaitu, Strategi Sosiokultural, dan T Meaning of Contruction. Dinas Perdagangan dan Perindustrian mengedepank faktor lingkungan dan juga pengetahuan untuk mempersuasi masyarakat, dan ha dari proses persuasi ini dapat dilihat dari sebagian masyarakat yang suc mengetahui dan menggunakan layanan Program Pasar Rakyat Online.
B40 Ikom 2051 2024 | 2051 SIT a 2021 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain