Text
SKRIPSI:Representasi budaya indonesia dalam iklan televisi gudang garam (analisis semiotika charles sanders peirce)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Budaya Indonesia dalam sebuah Iklan Televisi Gudang Garam. Makna tentang Budaya Indonesia dapat dilihat dari beberapa scene melalui relasi antar tanda dan makna semiotika Charles Sanders Peirce yang berupa konsep segitiga makna, yaitu sign, object, dan interpretant Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Dari Keseluruhan scene dalam iklan Televisi Gudang Garam Ini telah terpilih 9 scene yang merepresentasikan Budaya Indonesia melalui berbagai elemen budaya dari berbagai daerah. Elemen-elemen tersebut mencakup pakaian adat, alat musik tradisional, tarian, dan simbol-simbol mitologi yang memiliki makna dan filosofi mendalam. Sebagai contoh, penggunaan Koteka dan Kecapi Mulut dari Papua, pakaian adat Dayak dan alat musik Sape' dari Kalimantan, kain Lotis dan Sasando dari Nusa Tenggara Timur, serta elemen budaya Bali seperti Leak dan Tari Kecak, hingga Tari Saman dari Aceh dan kesenian Jawa Timur seperti sinden dan Tari Klana Raja. Setiap representasi ini bertujuan untuk menonjolkan keragaman budaya Indonesia yang kaya, baik dari segi visual maupun makna, dengan tujuan mengapresiasi dan melestarikan kearifan lokal sebagai bagian penting dari identitas bangsa Indonesia.
B40 Ikom 2054 2024 | 2054 MUH r 2024 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain