Text
E-PKL: Hubungan masyarakat peran humas dalam membangun hubungan dengan pelanggan melalui media sosial instagram Perumda Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor
Peran humas dalam membangun hubungan dengan pelanggan melalui media sosial Instagram Perumda Air Minum Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor sudah optimal dalam hal penyebaran informasi. Humas melakukan kolaborasi dengan bagian pemasaran dan pelayanan pelanggan. Humas
telah mengelola informasi yang dikeluhkan oleh pelanggan melalui direct messege (dm) di Instagram yang kemudian pertanyaan tersebut diolah menjadi sebuah konten yang informatif dalam bentuk gambar maupun video reels. Kegiatan humas dalam membangun hubungan dengan pelanggan pada akun media sosial Instagram beberapa diantaranya membuat postingan terkait tips-tips kepada pelanggan, membuat postingan program diskon, membuat postingan tentang survei kepuasan pelanggan. Penulis mengkolaborasikan antara peran humas dengan social CRM dimana CRM ini telah berinovasi menggunakan media sosial sebagai alatnya. Peran humas yang dilakukan oleh humas Perumda Air Minum Tirta Kahuripan sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Kevin JT et al. dalam (Novita A P, 2023). Ada tiga jenis CRM media sosial, dan penulis
menggunakan jenis yang ketiga dalam penerapan peran humas untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Berikut salah satu jenis
penerapan peran humas melalui teori Kevin JT et al. “Media Sosial merupakan CRM, karena tim menggunakannya untuk promosi, penjualan,
dan penyediaan layanan bekerja sama untuk mencapai suatu bisnis dengan menggunakan media sosial sebagai CRM”. Kegiatan humas yang
berkolaborasi dengan bagian pemasaran dan pelayanan untuk membangun hubungan yang baik dengan pelanggan telah memenuhi kriteria dalam aktivitas CRM menggunakan media sosial.
e-PKL.BD40.798.2024 | e-PKL2024 659.2:798 DEL h | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain