Text
E-PKL: Langkah-langkah pemasaran konten dalam mempromosikan program Bimbel Simakara di Instagram (studi kasus pada akun @SIMAKARA.ID)
Konten informatif tentang “Jadwal Ujian Mandiri PTN 2024/2025” dibuat untuk meningkatkan jangkauan akun Instagram @simakara.id. Target utama akun bimbel SIMAKARA adalah pria dengan usia 18-24 tahun. Untuk konten tersebut target yang dicari ialah Siswa/I SMA, Siswa/I yang sedang jeda sebelum masuk ke PTN, serta orang tua Siswa/I. Perancangan konten ini dibuat secara informatif dengan menggunakan musik viral yang menarik serta isi materi informasi yang diberikan terbarukan, sehingga audiens tertarik menonton konten tersebut. Dalam penciptaan konten,
konten dibuat dengan berbagai adegan untuk menghindari kesan monoton. Pendistribusian konten dilakukan pada waktu yang strategis yaitu pada pukul 17.35 untuk memaksimalkan interaksi dengan audiens. Penguatan konten dilakukan melalui teks singkat (caption) yang diberikan mampu memunculkan interaksi dengan audiens, serta penggunaan tagar yang tepat membantu mengkotakkotakan jenis konten. Dalam evaluasi pemasaran, konten mampu mencapai tujuan pemasaran dengan jumlah tayangan sebanyak 228.000 penonton, 2.7000 suka, 24 komentar, 1.900 berbagi ke sesama pengguna, menyimpan konten tersebut sebanyak 1.700 pengguna, dan memperoleh pengikut baru sebanyak 446 pengikut.
Meskipun konten tersebut sangatlah berhasil dalam menjangkau audiens namun terdapat beberapa komentar yang menunjukan bahwa durasi konten dan informasi yang diberikan terlalu cepat, sehingga bimbel SIMAKARA perlu memperhatikan hal tersebut.
e-PKL.BA40.557.2024 | e-PKL2024 380:557 PUT l | My Library (E-PKL) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain