Text
SKRIPSI: Analisis pesan kampanye pada lirik lagu merah dan hijau karya efek rimah kaca
mengunakan metode adalah deskriptif kualitatif dengan mengunkan analisis isi. Sumber data penelitian adalah data primer yang diperoleh dari lirik lagu merah dan hijau dan data sekunder dari buku, jurnal, referensi dan wawancara juga menjadi sumber data sekunder. Analisis data mengunakan pendekatan content analyisi model Atherton dan Klemmack. Hasil penelitian ini dapat diketahui lagu merah dan hijau karya efek rumah kaca menyampaikan pesan kampanye terhadap berbagai isu sosial dan politik di indonesia, lagu merah melalui tiga bagian. Ilmu Politik, yang mengkritik pemimpin korup dan masyarakat apatis. Lara Dimana-mana, yang menyoroti kekecewaan masyarakat terhadap pemerintah yang gagal dan Ada-ada Saja, yang menggunakan satire untuk mengkritik superioritas moral dan apatisme masyarakat. Lagu hijau memiliki dua bagian, keracunan omong kosong, menyoroti penyebaran informasi dangkal dan retorika populis tanpa solusi konkret. dan pengelolaan sampah (demokrasi), yang menggambarkan pentingnya pengelolaan demokrasi yang bijaksana. Kesimpulanya lirik lagu merah dan hijau ini tidak hanya sebagai karya seni musik, tetapi juga sebagai media kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu penting dan mendorong perubahan yang lebih baik.
B40 Ikom 2132 2024 | 2132 ADA a 2024 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain