Text
SKRIPSI : Analisis Marketing Public Relations UMKM Central Tanah Abang Dalam Meningkatkan Daya Saing Terhadap Tiktokshop
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi Marketing Public Relations pada UMKM Central Tanah Abang dalam Meningkatkan Daya Saing Terhadap TiktokShop. Era digital telah membawa perubahan besar dalam dunia bisnis, termasuk dalam strategi pemasaran. Tiktokshop, platform e-commerce menjadi salah satu platform yang menjadi pesaing bagi Central Tanah Abang penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan Pengelola Central Tanah Abang sebagai key informan penelitian, Pelanggan Central Tanah Abang dan Pedagang di Central Tanah sebagai Informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM Central Tanah Abang menggunakan tiga strategi Marketing Public Relations (MPR) utama, yaitu Strategy pull diimplementasikan melalui media sosial dan platform online. Central Tanah Abang memanfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, Tiktok untuk mengunggah video, melakukan siaran langsung yang menampilkan suasana dan keramaian pasar. Hal ini bertujuan untuk menarik minat dan perhatian pelanggan. Strategy Push diterapkan dengan berkolaborasi dengan konten kreator @hitamatir dan acara TV Asal Usil guna dapat memperluas jangkauan masyarakat dan mendorong masyarakat untuk berbelanja di Central Tanah Abang. Strategy Pass bertujuan untuk membangun opini positif atau citra positif di hadapan publik. Strategi ini dapat mempengaruhi opini negatif yang muncul akibat persaingan dengan e-commerce Tiktokshop. Kesimpulan dalam penelitian ini ialah dengan 3 strategi MPR yang tepat dapat membantu Central Tanah Abang dalam Meningkatkan daya saing dimana Central Tanah Abang mampu bersaing dengan platform e-commerce Tiktokshop, menjangkau target audience yang lebih luas termasuk generasi muda yang aktif di media sosial.
B40 Ikom 2225 2025 | 2225 MAU a 2024 | My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain