Text
SKRIPSI: Pengaruh tayangan 86 terhadap minat siswa-siswi sma negeri 6 kota bogor untuk menjadi anggota polri
Teori yang digunakan ialah teori Efektivitas Komunikasi menurut Hardjana yang memiliki enam indikator, yaitu: penerima pesan, isi pesan, media komunikasi, format pesan, sumber pesan, dan ketepatan waktu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, studi pustaka, dan juga wawancara beberapa orang responden yang mengisi kuesioner. Hasil skor indikator efektivitas komunikasi sangat efektif dengan rentang kriteria sangat tinggi yaitu >0.75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas penggunaan media sosial Instagram @official_unpak sangat efektif. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 sampel yang menjadi responden, didapatkan angka efektivitas sebesar 89% yang termasuk dalam sangat efektif menurut Presentase Efektivitas Komunikasi menurut Kriyanto. Hasil uji t-test one sample sebesar 4.482 yang dimutlakkan menurut Fatimah dan Nuryaningsih dalam Buku Ajar Statiska menjadi 4.482 dengan derajat kebebebasan 100-199 dan taraf signifikansi sebesar 5% atau 0.05%. Menggunakan uji satu pihak yaitu pihak kanan, t hitung lebih besar daripada t tabel sebesar 4.482>1.66 maka hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima.
Tidak tersedia versi lain