Text
SKRIPSI: Strategi komunikasi persuasif guru dalam pembinaan akhlak siswa melalui program student of the month di SDIT Darul Quran Mulia
Hasil penelitian menunjukkan jika Guru SDIT Darul Quran Mulia menggunakan tiga strategi komunikasi persuasif dalam praktiknya ketika menjalankan seluruh program Student of the Month. Pertama, strategi psikodinamika. Pada strategi ini guru sebagai persuader melakukan pendekatan secara emosional kepada para murid yang dapat memengaruhi psikologis mereka. Guru menyampaikan baik dan buruknya perihal akhlak yang harus dilakukan dan harus ditinggalkan. Kedua, strategi sosiokultural. Pada strategi ini guru memberikan pengetahuan terkait akhlak yang wajib dilaksanakan. Pada strategi ini pula guru ditopang dengan keadaan lingkungan yang sesuai dengan program yakni, SDIT Darul Quran Mulia yang memang sudah berbasis agama Islam. Ketiga, strategi membangun makna. Pada strategi ini para guru memberi pembelajaran yang dapat membentuk perilaku dan akhlak yang baik kepada siswa. Adapun hambatan yang dialami oleh para guru selama program berjalan yaitu sikap, sifat, dan karakter para murid yang berbeda membuat para guru untuk melakukan pendekatan yang berbeda-beda. Kuantitas murid yang banyak pun menjadi hambatan bagi para guru dalam memantau kesuluruhan proses berjalannya program.
Tidak tersedia versi lain