Text
SKRIPSI: Persepsi Pengguna Instagram terhadap Visualisasi Informasi di Media Daring Detik.com
Penelitian ini membahas seberapa besar hubungan antara persepsi pengguna instagram terhadap visualisasi informasi di media daring Detikcom. Visualisasi informasi di media daring Detikcom akan diidentifikasi dengan persepsi pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification yaitu teori yang menggambarkan pengguna media memiliki hak untuk memilih dan menggunakan media. Berdasarkan judul yang diambil, alur penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu karakteristik individu (X), dan persepsi pengguna Instagram terhadap visualisasi informasi (Y). Penelitian ini dilakukan pada akun media sosial Instagram milik Detikcom. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability yaitu random sampling, responden berjumlah 386 orang menggunakan teknik pengambilan data melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis statistik korelasi (Rank Spearman). Penelitian ini mengindentifikasi karakteristik individu (X) dengan empat indikator yaitu usia, jenis kelamin, pekerjaan, dan pendidikan. Serta persepsi pengguna instagram terhadap visualisasi informasi (Y) dengan tiga indikator yaitu kognitif, afektif, dan konatif. Kemudian menghubungkan ketiga variabel. Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara visualisasi informasi di media daring Detikcom dengan persepsi pengguna Instagram.
Tidak tersedia versi lain