Perpustakaan FISIB

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of SKRIPSI: Konstruksi Makna Tunagrahita Bagi Guru dalam Mengembangkan Kemandirian (Studi Fenomenologi Manajemen Komunikasi pada SLB Al-Rosyadiyah Kabupaten Sukabumi)
Penanda Bagikan

Text

SKRIPSI: Konstruksi Makna Tunagrahita Bagi Guru dalam Mengembangkan Kemandirian (Studi Fenomenologi Manajemen Komunikasi pada SLB Al-Rosyadiyah Kabupaten Sukabumi)

Fathia Chaerunisa Sujana / 044119398 - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana para guru SLB AI-Rosyadiyah Kabupaten Sukabumi mengkonstruksikan makna tunagrahita dalam mengembangkan kemandiriannya. Melalui program khusus Bina Diri, para guru melatih juga membiasakan peserta didik tunagrahita untuk melakukan berbagai kegiatan harian yang umumnya dianggap sederhana. Tujuan dari pembelajaran ini adalah agar peserta didik tunagrahita bisa mandiri dan tidak terlalu bergantung pada orang lain terlepas dari keterbatasannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik wawancara mendalam, observasi partisipan, juga dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa program khusus bina diri yang diberikan oleh para guru kepada peserta didik tunagrahita mencakup pada merawat dan mengurus diri, menolong diri, kemampuan berkomunikasi. bersosialisasi dan beradaptasi, juga penguasaan pekerjaan, dan pendidikan akan seks seperti pemahaman akan reproduksi sudah diajarkan sejak peserta didik masuk ke SLB Al-Rosyadiyah yang disesuiakan dengan tingkatan dan kemampuannya, namun daya tangkap dan kemampuan peserta didik tunagrahita yang berbeda menyebabkan para guru memiliki pendekatannya tersendiri dalam mengambangkan kemandiriannya. Kesimpulannya, selama menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dalam mengembangkan kemandirian peserta didik tunagrahita, para guru memiliki pengalaman dan sudut pandangnya tersendiri yang mana dengan teori interaksionisme simbolik dapat membentuk konstruksi sebuah makna atas pengembangan kemandirian peserta didik tunagrahita. Pembentukan makna yang berbeda antara para guru disebabkan pengalaman yang berbeda. Perbedaan antara apa yang sudah para guru ajarkan dan latih dengan apa yang dapat dilakukan oleh peserta didik tunagrahita itu berbeda, tergantung pada kebutuhan, karakter, IQ. perbedaan jenjang pendidikan, usia kalender, suasana hati peserta didik, maupun cara didik keluarga.


Ketersediaan
#
My Library (Skripsi Ilmu Komunikasi) 2336 FAT k 2023
B40 Ikom 2336 2025
Tersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2336 FAT k 2023
Penerbit
Bogor : Fisib Unpak., 2023
Deskripsi Fisik
112 p.: 28 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2336 FAT k 2023
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
skripsi mankom
tunagrahita
teori interaksi simbolik
pembelajaran bina diri
skripsi komsartal
bina diri
interaksionisme simbolik
kemandirian
konstuksi makna
SLB Al-Rosyadiyah Kabupaten Sukabumi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Dr. Feri Ferdinan Alamsyah, M.I.Kom / Dr. Muslim, M.Si / Imani Satriani, M.Si.
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan FISIB
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?